Thursday, February 25, 2010

S.U.R.A.T

waktu lagi beres2 rumah, ga sengaja saya menemukan beberapa surat yang ditulis oleh sahabat saya beberapa tahun lalu.



Di tulis?
Yup ditulis tangan, rapi, warna-warni, dan panjaaaang hingga berlembar-lembar, malah ada yang berbentuk buku, semacam diary book. Belom kenal e- mail, apalagi blog.. Nyentuh komputer paling Cuma di lab komputer, programnya WS dan lotus yang layarnya item-ijo. Saat itu saya dan dia seneng banget sama yang namanya nulis surat, tiada hari tanpa surat. Prinsip kami saat itu.

Kami mulai menulis saat di SMA, sekitar 12 tahun lalu mungkin. Saya sendiri berteman dengannya sejak masih pake seragam putih biru. Jadi hampir 20 tahun. Kenapa ya saat SMA kami surat2an??? Seinget saya sih, saat itu kami itu gag pernah sekelas, sering ketemu di luar kelas, paling ngobrolnya sebentar2. Semetara jaman esempe dulu qta tuh akraaaaB banget, malah sempet bikin geng segala dengan beberapa temen lain.

Lama2 kok aneh ya, waktu esempe akrab, pas esem-a bubar. Sementara saya butuh temen curhat, temen ngember, temen nge-bak, temen nyumur dll. Diapun kyknya gitu. Jadilah kami surat2an. Saya sendiri lupa syapa duluan yg mulai nulis.

Isinya? Banyakan curhat dan cerita daily activity. Seru banget, jadi tiap hari pas jam istirahat kami tuker2an surat. Saling komentar, saling cerita. Sayangnya setumpuk suratnya yang ditulis ketika itu hilang entah kemana saat orang tua saya merenovasi rumah.

Saat kuliah??? Kami masih satu kampus, tapi beda jurusan dan pastinya beda fakultas. Tapi itu bukan jadi penghalang untuk kami tetap surat2an. Frekuensi ketemu semakin jarang, jadi kami sepakat untuk ketemu tiap hari jumat, ntah di kampus dia atau di kampus saya, tentunya sambil tukeran surat. So suratnya buanyak banget, bisa lebih dari 10 lembar sekali ketemu, maklum itukan cerita selama seminggu. Dan inget ya, di tulis tangan!!!! Saya sndiri lupa, kapan saya menyempatkan diri menulis surat2 itu ditengah kepadatan kuliah. Kalo sekarang disuruh tulis tangan nyampe 10 lembar…nyerah boooo…

Seiring waktu, kamipun mulai jadi pengguna aktif komputer. Minimal ms. Word. So jaman surat2an tulis tangan berakhir. Dimulailah surat2an dengan diketik, tanpa diprint loh. Jadi tiap hari jumat qta tukeran disket. Disket dia warna pink, disket saya warna ungu. Isinya masih tetep banyak. Kalo surat yg model begini, Alhamdulillah masi tersimpan rapih di pc saya.

Waktu berlalu, kami mulai kenal yg namanya internet. Bikin e-mail, dll. Tapi saat itu kami belum tertarik menulis surat lewat e-mail. Jadi surat versi disket masih jd andalan. Disamping surat2 yang tukeran langsung, kami juga sering loh kirim surat lewat pos. misalnya kami gag sempet ketemu minggu itu, terpaksa deh suratnya dikirim lewat pos. Trus kartu2 jg banyak, entah itu kartu yang beli di toko atau kartu hasil kreasi kami sendiri. Yang jelas tiap ada even dimana ada tradisi kirim kartu, kek valentin, ultah, lebaran, taon baru dll, pasti deh tiba2 kami jadi kreatip, heboh bikin kartu warna-warni dan dikirim lewat pos. rasanya bangga aja bisa ngasih hasil buatan tangan sendiri ke sahabat tercinta.

Frekuensi surat2an, mulai berkurang sejak kami sibuk dengan urusan skripsi dan pacaran. Akhirnya malah terhenti sama sekali sejak kami lulus dan saya menikah. Kemudian skitar tahun 2005 kami bikin blog atas nama geng kami, dan sejak itu kami curhat2an diblog sampe sekarang.

Masih suka telpon, sms, ceting dan kirim e-mail. Masi suka curhat dan ngember ga penting. Tapi saya tetap kangen masa2 kami tulis surat, apalagi yg di tulis tangan. Rasanya gimaaaaaanaaaa getoooo…

Ps: tanpa surat2 itu mungkin sekarang kami sudah bubar. thanks ya surat.....

0 komentar:

 
template by