Saturday, October 08, 2011

SUSU part2

Ternyata kesadaran untuk memberi ASI cuma terdengar dikalangan ibu2 tertentu aja, khususnya ibu2 yg melek internet dan suka membaca. Gw liat malah ada kecendrungan semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin sadar dia untuk memberi ASI kpada anaknya. Cuma ksimpulan sepihak dari gw aja sih, gag tau bener apa gag. En gw gag bermaksud mengecilkan pendidikan seseorang, toh Steve Jobs dan Bill Gates jg gag lulus kuliah. Maksud gw, pendidikan penting tp gag ngejamin org bs sukses or gag. Weeet ini mau ngomongin susu apa pendidikan...

Ini akibat dari pergaulan antar tetangga didaerah rmh gw. Scara gw tinggal dikampung ya boo, jd maaf2 ibu2 tetangga gw jg "apa adanya". Mereka rata2 berpendidikan sampe SMU (untuk emak2 yg seumur gw) dan SMP (untuk yg diatas gw). Kyk kmrn nih pas gw lg ajak karai jalan pagi, ktemu emak2 yg lg ngasih sufor ke bebinya pake dot sambil digendong. Anaknya baru umur 4bln (sebut aja ibu X).

Ibu X : "iya nih males saya ngasih makan dia (anaknya), abis kl diksh makan dia gag mau minum susu (sufor)"

Sebenernya ketika dia blg bebinya udah dikasih mkn aja udah salah ya, kan baru 4bln. Dan usut punya usut ternyata tuh bebi ud diksh makan pisang dari umur 2mgg. Buset dah kasian bgt tuh anak yak.

Gue : "emang gag nenen?"
Dia : "nete sih, tp pinggang saya pada pegel dia nete mulu"
Gue : "gpp bagusan jg ASI, mamanya aja makan yg banyak"
Dia : "gag ah, badannya dia jd lembek, kalo minum susu badannya gemuk..."
Gue : ????!!!!

Apa iya ya? Okey ayo qta bandingkan ASI VS SUFOR
1. Qta semua tau ASI sumbernya lgsg dari badan ibu, otomatis steril dan jauh dari kuman. Sedangkan sufor itu buatan pabrik yg qta jg gag pernah liat proses pembuatannya, so, kesterilannya sungguh diragukan.

2. Kandungan ASI sangat khusus dan sempurna, disesuaikan dengan kebutuhan bayi. ASI yg pertama keluar setelah melahirkan kaya akan kolostrum. Kolustrum merupakan cairan dengan viskositas kental , lengket dan berwarna kekuningan. Kolustrum mengandung tinggi protein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan antibodi yang tinggi. Selain itu, kolustrum mengandung rendah lemak dan laktosa. Protein utama pada kolustrum adalah imunoglobulin (IgG, IgA dan IgM), yang digunakan sebagai zat antibodi untuk mencegah dan menetralisir bakteri, virus, jamur dan parasit. Sedangkan SUFOR...hmhmhm...ntah mengandung apa, karena berdasarkan pengalaman anak gw yg baru lahir kmrn diksh sufor malah mencret2...

3. Penyajian ASI pastinya lebih mudah ya, tinggal buka lgsg deh sodorin ke si bebi. Gampang kan? Sedangkan sufor? Pertama, botol harus higienis, disterilin dulu, direbus ato pake alat sterilisasi. Trus aer yg digunakan jg bkn sembarangan, gag boleh terlalu panas gag boleh terlalu dingin. Karena kl terlalu panas bs merusak kandungan susu dan kalo terlalu dingin ada bakteri atau kuman yg gag mati. Ribet kan? ASI bs diminum kapan aja, sedangkan sufor harus dihabiskan. Kalo lebih dari 2jam gag boleh diminum lg. Padahal kadang gag semua bayi bs ngabisin susu yg qta bikinin, yg ada malah dibuang. Mubazir kan jdnya.

4. Liat di sini aja deh, males copasnya.

5. ASI murah murah dan murah. Sedangkan sufor...meheeeel...(Dasar emak pelit!). apalg kl anak sampe doyan, kyk anak tetangga gw tuh gag mau makan nasi, maunya makan susu...

Trus jawab pertanyaan oman kmrn, gimana nge-cut sufor kalo anaknya udah terlanjur doyan?
Hahahaha...IDL dah aliyas Itu Derita Lo...

Gag lah man...
Kalo menurut gw, anak diatas 2th atau 1th jg bisa, emang lebih baik gag minum sufor lagi. Kebutuhan gizi mereka bukan cuma dari susu, tapi yg terpenting adalah makan. Karbohidrat, vitamin, protein, dll akan lebih bagus jika terpenuhi melalui makanan. Susu cuma pelengkap aja kok, dan setahu gw bkn sesuatu yg utama. Sumber kalsium kan bkn cuma dari susu aja.

Tapi Tara tetep gw kasih susu sih, tapi susu UHT. Kebetulan dia jg doyan. So Selain lebih praktis, dari beberapa sumber yg gw baca UHT lebih bagus buat balita. Coba deh googling. Di luar negeri sono, yg namanya minum susu ya susu segar like susu UHT or pasteurisasi. Jd gag meniadakan susu (dairy product) sama sekali kok. Kadang jg gw kasih yogurt atau keju, yg penting kebutuhan kalsiumnya terpenuhi. Saran gw sih ya, untuk G! Khususnya, mulai dialihkan ke UHT aja, sehari 2-3x cukuplah. Gag usah sampe berbotol2 dan beribet2 nyiapinnya.

Kalo karai msh full ASI tambah makan. Bapaknya jauh sih jd gag kebagian deh...hehehehe...

1 komentar:

Febria's World said...

pinter banget emak satu ini.
Itulah Indonesia jeng, anak gemuk bagus. gemuk karena sufor.

 
template by